Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akselerasi Pembacaanmu! Pelajari Cara Membaca Buku Efektif dan Nikmati Manfaatnya


 I. Membaca Adalah Cara Memperkaya Kosa Kata

Cara membaca buku efektif menjadi kebutuhan. Tidak semua suka lama-lama dalam membaca tapi kadang membaca adalah keharusan. Pada suatu keadaan, suka atau tidak suka akan ada moment dimana seseorang harus membaca. Entah membaca peraturan, intruksi atau membaca buku pelajaran yang menjadi kewajiban. Buat yang suka membaca, kegiatan ini tentunya menjadi menyenangkan. 

Tapi buat seseorang yang tidak terlalu suka membaca, maka perlu tahu cara membaca buku efektif. Agar tetap dapat poin-poin dari sebuah buku.  Apalagi bagi kamu yang memiliki hobi membaca, cara ini membuat kamu mempunyai banyak kesempatan banyak baca buku tanpa menyita waktu yang lama.

Daftar Isi
Sehingga membaca memberikan manfaat dan menjadi kegiatan yang menyenangkan.Siapa tahu suatu saat membaca menjadi kegiatan yang tidak lagi membosankan.

II. Mengenal Cara Membaca Buku Efektif

A. Apa sih cara membaca buku efektif? 

Membaca buku efektif adalah cara untuk membantu seseorang untuk dapat memahami isi buku secara efektif dan hemat waktu.

B. Berbagai aspek yang membentuk cara membaca buku dengan efektif

  • Pemilihan bacaan yang disukai. Pemilihan ini bisa berupa jenisnya, genrenya atau gaya bahasanya. Ada beberapa judul yang sama, tapi dengan gaya bahasa yang berbeda. Tentukan gaya bahasa pemaparan yang kamu sukai agar buku enak dibaca.
  • Ciptakan lingkungan membaca yang kondusif. Situasi sangat mendukung untuk mendapatkan keadaan baca buku yang menyenangkan. Sehingga menciptakan pengalaman yang ingin selalu diulang.
  •  Masuk ke dalam bacaan dengan membayangkan apa yang dikatakan penulis pada bukunya. Kondisi ini akan memudahkan kamu larut terhadap isi buku.

III. Manfaat Membaca Buku dengan Efektif

Dalam keadaan yang serba cepat dan aktivitas kamu yang begitu banyak. Tapi kebutuhan membaca juga diperlukan. Untuk itu membaca buku yang efektif dan mempelajarinya adalah jalan ninjamu. Untuk tidak ketinggalan momen menambah pengetahuan melalui buku. 

Manfaat membaca buku efektif yaitu kamu akan lebih mudah meningkatkan pemahaman, membentuk persepsi baru dan luas dan kamu menjadi lebih mudah mengalisis juga kritis terhadap suatu permasalahan. Kamu juga bisa membaca artikel tentang buku fisik dan buku digital.

IV. Teknik-Teknik Mempraktikkan Cara Membaca Buku Efektif

A. Lakukan Pencatatan Poin-poin Yang Penting

  1. Kamu bisa menggunakan highlighter untuk poin atau kata-kata yang menurut kamu penting. Bisa juga menggaris bawahi dengan pulpen atau pinsil. Memang ini membuat buku kamu banyak coretan.
  2. Buat catatan dengan bahasa kamu sendiri dengan sticky note di pinggir halaman. Atau menambahkan pertanyaan yang akan kamu eksplor di sumber lainnya.

B. Mencoba Baca Cepat Tapi Efektif

  1. Preview singkat dari daftar isi. Subjudul dan beberapa bagian yang mungkin bisa menarik perhatian kamu. Tidak ada aturannya membaca harus berurutan. Yang penting kamu paham isinya.
  2. Latih kemampuan membaca cepat dari setiap kalimat dengan mengambil kesimpulan. Ini butuh latihan. Dan jika kamu perlu memahami lebih lama, maka kamu boleh mengulanginya.

C. Menajemen Waktu Untuk Buku Yang Dibaca

  1. Tetapkan jadwal untuk membaca. Memaksa kamu untuk membaca dalam keadaan apapun. Jaman gadget ini, untuk mengumpulkan semangat membaca menjadi tantangan. Akan banyak distraksi dalam membaca.
  2. Tentukan target dalam membaca harian. Misalnya 5 halaman dalam 1 hari.
  3. Dengarkan audiobook. Ini menolong kamu untuk memahami buku tanpa membacanya tapi mendengarkannya. Bahkan kamu bisa mendengarkan kesimpulannya. Hanya saja kelemahannya, kamu sulit mengulang mana yang tidak paham. Berbeda dengan buku fisik dimana kamu mudah untuk mengulangnya.
  4. Offkan segala gangguan. Suara atau tempat yang tidak nyaman. Terlalu dingin atau panas. Bagaimana mau membaca efektif jika kamu terganggu oleh keadaan.
  5. Baca Ebook atau buku digital. Membaca buku digital bisa kamu lakukan dimana saja tanpa harus berat membawa buku fisik. Dan bisa disaat kamu punya waktu luang yang tidak kamu rencanakan sebelumnya.

Melalui penerapan metode pencatatan yang efektif, teknik membaca cepat, dan manajemen waktu yang bijak, kamu dapat meningkatkan efisiensi membaca dan mengoptimalkan pengalaman membaca buku.

V. Membaca Buku Menjadi Menyenangkan

Dengan tahu cara membaca buku yang efektif, kamu dapat mengeksplor berbagai hal tanpa kendala waktu. Karena efektifitas membaca membuat kamu memahami isi buku tanpa waktu yang lama. Dan bisa lebih banyak membaca buku yang kamu sukai.