Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ebook vs Buku Fisik: Kelemahan Dan Kelebihan Membaca Ebook


Penikmat buku, mari merapat. Kamu salah satu menikmati buku dengan membaca ebook (Elektronik Buku) yang diakses melalui gadget atau masih suka dengan buku fisik? Pasti pilihan beragam. Namun, walau ada pernyataan bahwa, buku ya bentuknya harus kertas. Kalau dengan digital rasanya sudah berbeda. Sensasinya berkurang.

Tapi ada juga yang bilang, dengan dimulainya teknologi ebook ini membuat kegiatan membaca buku jadi mudah. Karena ada beberapa kelebihan dari membaca ebook ini? 

Perdebatan antara kelebihan dan kekurangan dari pilihan-pilihan ini akan memicu pendapat yang berbeda. Awal artikel ini sudah dimulai dengan kontroversi keduanya.

Mari kita bahas lebih lanjut, untuk membantu para pembaca memahami mana yang tepat untuk menjadi pilihan. Dengan kebutuhan masing-masing individu berbeda-beda. 

I. Keuntungan Membaca Ebook

Pertama, saya ingin menjabarkan apa-apa yang menjadi keuntungan jika kamu memilih untuk membaca ebook sebagai sarana menambah pengetahuan atau story yang ingin kamu dapatkan.

Maksudnya apa sih? Pernah gak sih kalau kamu ingin membaca buku lama. Dan lupa menyimpannya. Mengingat warnanya atau covernya. Tentunya akan menjadi kesulitan tersendiri untuk menemukannya.

Dan untuk mendapatkannya pembeli hanya dengan mengunduh ribuan buku digital bisa dengan berbayar maupun gratis. Semua tersedia dengan akses melalui internet.

Asalkan ada jaringan internet dan device yang memadai, dimanapun kamu berada, bisa mengakses buku-buku dengan mudah. Kamu bisa mendapatkan buku terbitan luar negeri walaupun saat ini kamu berada di wilayah pedesaan di Indonesia.

Selain itu, ebook membuat kamu bisa membaca dimana saja tanpa harus membawa buku fisik yang memakan tempat dan bisa jadi juga tidak ringan. Jadi saat bepergian yang diperlukan hanya e-reader, tablet dan smartphone. Hal yang bisa dilakukan membaca ebook di bandara, perjalanan kereta atau keadaan lainnya. 

Keuntungan ini, membaca ebook menjadi alternatif yang memudahkan. Namun, bagi saya, membaca buku cetak juga memiliki daya tarik lainnya.

Bagian selanjutnya, saya akan bahas mengenai keuntungan membaca buku fisik.

II. Keuntungan Membaca Buku Fisik

Ada yang lain kalau menurut saya, membaca buku fisik tidak bisa tergantikan dengan membaca ebook. 

Salah satu aspek yang paling disukai oleh para pecinta buku cetak adalah pengalaman visual dan sentuhan yang ditawarkan oleh buku fisik. 

Melihat dan merasakan halaman-halaman buku, mencium aroma kertas yang khas, serta merasakan beratnya dalam tangan memberikan kepuasan yang tak tertandingi. 

Hal ini menciptakan ikatan emosional antara pembaca dan teks yang sulit dijelaskan oleh ebook.

Bukti fisik dari kemajuan membaca dalam bentuk halaman yang terlipat, catatan yang ditulis di tepi halaman, atau tanda-tanda lainnya, seperti pembatas buku, semuanya merupakan bagian penting dari pengalaman membaca yang autentik. 

Buku cetak memiliki daya tarik yang khusus dalam memberikan nuansa dan estetika yang unik.

Beberapa pembaca memilih buku cetak karena mereka ingin menghindari interaksi dengan teknologi dalam kegiatan membaca. Dengan membaca buku fisik, keadaan tidak nyaman akibat kelelahan mata dapat dihindari. Hal ini juga membuat kesehatan mata terjaga. 

Dengan membaca buku fisik juga, kemungkinan terganggu apa aplikasi yang ada di gadget dapat dihindari. Kita jadi mudah fokus. 

III. Kelemahan Membaca Ebook

Setelah membahas keuntungan dari masing-masing pilihan. Mari kita bahas tentang kekurangan membaca ebook.

Ketergantungan Teknologi, dimana perangkat elektronik memiliki kelemahan jika rusak, tidak ada energi listrik atau kehabisan batrai saat waktu yang tidak tepat dan tentu saja kalian harus memiliki perangkat elektronik memadai untuk menyimpan ebook yang kalian unduh. Masalah teknis ini akan membuat kamu merasa tidak nyaman dalam membaca.

Dibutuhkan Pengetahuan Teknologi, untuk menikmati proses membaca ebook tidak bisa dilakukan semua orang. Dengan keterbatasan teknologi dan tidak terbiasa. Apalagi jangkauan teknologi memang hanya dimiliki orang-orang yang sudah melek teknologi. Untuk mencapai pelosok, pengetahuan ini perlu dikembangkan dan dikampanyekan. 

IV. Kelemahan Dari Buku Fisik

A. Keterbatasan

Dari hal yang diperlukan untuk membaca buku fisik adalah dibutuhkannya waktu dan sumber dana untuk memilikinya saat ingin mendapatkannya. Memilikinya loh, kalau meminjam sudah pasti tanpa biaya. 

Dan saat buku yang cari langka, biasanya akan membutuhkan upaya ekstra lagi. Belum Lagi kalau buku yang ada sudah habis terjual maka diperlukan waktu untuk produksi kembali. Dan kamu harus menunggu.

B. Harga Produksi

Biasanya harga buku fisik lebih mahal dibandingkan ebook. Karena butuh waktu produksi, kertas yang berkualitas dan biaya produksi. 

Dan ini menjadi dilema di hati saya, walau menyukai sensasi menbaca buku fisik, mencetak buku memerlukan sumber daya alam. Pohon untuk dijadikan kertas. Dan menjadi kurang ramah lingkungan dibandingkan dengan membaca ebook. 

Jika diperdebatkan  di saat mana yang tepat memilih membaca ebook atau buku fisik. Ya tidak ada yang salah. Keduanya memiliki kelemahan dan kebaikannya. Dan memberikan pengalaman membaca berbeda-beda.

Sebaiknya, saran saya jika ingin memilih salah satunya, pahami dulu kebutuhan dan kemampuan kamu, jika kamu butuh referensi yang mudah ditandai, dipahami lebih lama, buku fisik dapat menjadi pilihan. Tapi jika ada keterbatasan dana maka ebook bisa menjadi alternatifnya. Yang perlu dihindari adalah memilih karya buku yang tidak legal. Membeli buku dengan benar membuat kita menghargai yang membuat buku. Ilmu yang kita dapatkan juga lebih berkah.

Buat yang mencari ebook maupun buku fisik legal dan lengkap, coba ke web ini  Toko Online Gramedia  

Happy Reading.