Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menerjemahkan 5 Bahasa Cinta ke dalam Tindakan Nyata


Sebelum tahu cara menerjemahkan bahasa cinta dalam tindakan nyata. Marilah kita bahas apa itu bahasa cinta. Istilah Love Languange sekarang jadi trend dalam video-video pendek di media sosial. Bahasa cinta yang berbeda-beda nampaknya sudah banyak yang tahu. Pembahasannya juga sudah meluas. 

Dan kadang seseorang sudah bisa menentukan bahasa cinta dia itu apa, artinya bahwa ia akan merasa dicintai kalau hal ini dilakukan padanya.

Kalau kamu masih bingung apa itu love languange, mari kita definisikan, bahasa cinta adalah bagaimana seseorang mengekspresikan cintanya kepada orang lain.

Daftar Isi

Bukan hanya dengan kata-kata. Karena ada seseorang yang justru merasa dicintai dengan bebagai prilaku yang berbeda-beda. 

Gary Chapman menggolongkan bahasa cinta menjadi 5, itu sebabnya bukunya berjudul "The Five Love Language". Lima bahasa cinta itu adalah 

  • Words of affirmation: memberikan kata-kata pujian, penghargaan, dan dukungan kepada seseorang. Kalau kamu memiliki bahasa cinta ini kamu akan sering memberikan pujian. Tidak pelit kata-kata dukungan kepada seseorang. Kamupun akan meleleh kalau orang lain melakukannya untukmu.
  • Acts of service: melakukan tindakan nyata untuk membantu seseorang yang dicintainya, seperti menolongnya di setiap kesulitan atau hal-hal yang dibutuhkan. Pokoknya, kamu akan merasa dicintai kalau segala hal yang kamu butuhkan di dapatkan. Sebaliknya, kamu akan melakukan hal-hal yang membantu seseorang kalau kamu mencintainya. 
  • Receiving gifts: Memberikan hadiah, benda atau apapun bentuknya. Dimana pemberian ini adalah bentuk rasa kasih sayang kamu sama mereka yang kamu cintai. 
  • Quality time: Senang bersama, melakukan interaksi dengannya walaupun bukan hal-hal yang penting dikerjakan bersama. Kamu merasa berarti jika ada dengannya. 
  • Physical touch: Anak-anak yang senang memeluk, memegang tangan atau menyentuh pundak adalah cara mereka menunjukkan cinta yang mereka punya.

Setiap orang memiliki kecenderungan 5 bahasa cinta diatas. Bahasa cinta ini juga bukan hanya berlaku untuk pasangan saja tapi untuk jenis hubungan apapun. Keluarga, orang tua dan anak, adik dan kakak, persahabatan dan hubungan positif lainnya.

Walaupun semua memiliki kecenderungan itu, namun kamu akan memiliki porsi yang besar pada salah satunya. Mempelakukan seseorang dengan sesuai bahasa cintanya akan membuat hubungan kamu dengannya akan menjadi lebih harmonis dan dekat. Saling memahami dan menghargai. 

Langkah Pertama: Mengidentifikasi Bahasa Cinta Orang lain

Sebelumnya, kamu harus tahu dulu nih, bahasa cinta orang lain, fungsinya kita tidak salah untuk mengungkapkan bahasa cinta. Kadang kamu memperlakukan orang lain seperti apa yang kamu mau, misalnya kita itu bahasa cintanya adalah quality time, sehingga dengan kebersamaan, energi kamu sudah cukup. 

Tapi orang lain ternyata butuh pujian agar ia merasa dicintai. Nah kan, jadinya kesalahpahaman akan terjadi. Anak akan merasa tidak dicintai ayahnya, jika seorang ayah tidak paham bagaimana cara mencintainya. Itu sebabnya, kamu harus tahu apa sebenarnya bahasa cinta orang lain. Beberapa upaya yang perlu dilakukan yaitu :

1. Perhatikan dengan observasi mereka: Semakin dekat kita dengan seseorang biasanya kita mampu menilai, apa-apa saja yang menjadi kebiasaannya. Apakah mereka sering memberikan pujian, senang kebersamaan atau sering melakukan tindakan. Perhatikan kegiatan mereka. Ini bisa membuat kamu menyimpulkan bahasa cinta yang mereka inginkan. 

2. Mendengarkan mereka menyampaikan apa yang mereka mau: Saat ngobrol santai, biasanya seseorang juga biasa mengungkapkan apa-apa yang mereka inginkan. Apa yang ingin dicapai dan apa yang diharapkan. Ini bisa menjadi petunjuk juga buat kamu.

3. Apa respon dari segala hal yang kamu lakukan: Saat kamu sedang melakukan sesuatu kepada meraka, misalnya memujinya, memberikan hadiah atau menyentuhnya, bagaimana respon mereka terhadap hal yang kamu lakukan. Senang, risih atau biasa saja. Kamu bisa menyimpulkannya dari kondisi ini.

4. Tanyakan secara Langsung: Ini yang paling mudah tanpa menebak-nebak, adalah bertanya langsung. Apa sih yang kira-kira membuat mereka merasa dicintai, apa yang membuat mereka berarti dan dihargai. Kamu juga bisa share hal yang sama, agar bahasa cinta kamu terbalaskan dengan baik. Walaupun tidak semua seperti yang kamu harapkan ya. 

5. Kenali latar belakang dan budaya: Bahasa cinta juga dipengaruhi oleh pengasuhan keluarga yang dilatarbelangi oleh budaya yang berbeda-beda. Tentu saja, keragaman ini kamu bisa pelajari menjadikan informasi kira-kira bahasa cinta yang pas untuk mereka apa.

Sudah dapat mengenali bahasa cinta yang diperlukan. Bagaimana langkah selanjutnya?

Ide-ide Tindakan Untuk Nyata Dalam Bahasa Cinta

Terus bagaimana untuk memberlakukan bahasa cinta orang lain? "Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan walau saya sudah tahu apa itu bahasa cinta mereka".

Nah, beberapa ide yang bisa kamu lakukan yaitu :

1. Surat Cinta atau Pesan Manis: Buat yang punya bahasa cintanya pujian, tidak ada salahnya kamu buat pesan-pesan kecil kata-kata sederhana tentang terima kasih, penghargaan dan support yang sudah mereka lakukan. Berusahalah, walau kamu bukan orang yang romantis dalam kata-kata.

2. Kejutan Kecil: Lakukan hal-hal kecil berarti tidak terduga. Buatkan bekal istimewa. Mengingatkan hal-hal yang tidak mereka perhatikan sebelumnya. 

3. Waktu Berkualitas Bersama: Lakukan kegiatan bersama walau hanya pergi ke tempat sederhana. Karena sebenarnya bukan tempatnya yang penting tapi kebersamaannya. Quality time yang benar-benar tepat bukan hanya dihabiskan mainkan gadget bersama

4. Support Terbaik: Menjadi pendengar yang baik adalah tindakan cinta yang sangat penting. Berikan dukungan aktif dengan mendengarkan perasaan, kekhawatiran, dan impian mereka.

5. Membantu mereka: Bergeraklah membantu mereka tanpa diminta. Ini menjadi alasan buat mereka kalau mereka merasa dibersamai. 

6. Hadiah Khusus: Pertimbangkan memberikan hadiah yang sangat berarti bagi mereka, sesuatu yang menggambarkan minat dan keinginan mereka. Ini bisa berupa buku yang mereka inginkan, tiket ke konser favorit, atau perhiasan yang istimewa.

7. Mendukung mimpi dan harapan mereka: Memberikan jalan untuk mereka mencapai apa yang mereka mau. Imbangi dengan kegiatan kamu. Buktikan bahwa bersama-sama kamu bisa mencapainya. 

8. Menjadi pendengar yang aktif : Menjadi pendengar yang baik itu butuh latihan. Tapi seandainya kamu bisa melakukan ini, cinta akan kamu kuasai dengan baik. 

Bahasa cinta adalah tentang menyatakan cinta dengan caranya tersendiri. Pilih hal yang tepat agar menjadikan kamu mampu menghargai orang-orang yang kamu cintai. Dan lebih mudah untuk saling memahami. Selamat mencobanya, agar kamu dan orang-orang yang kamu cintai bisa saling menghargai dalam aktivitas bersosialisasi.