Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kecil, Namun Berarti: Tindakan Harian yang Menggambarkan Kasih


Hal Yang Berarti Walau Kecil

Moment Yang Terabaikan Karena Keadaan

Meaningless. Artinya betapa banyak hal-hal kecil yang kita lakukan berlalu begitu saja, tanpa ada rasanya. Kebersamaan dengan orang-orang yang kita cintai. Menikmati hal yang seharusnya kita sukai, menjadi tak begitu terasa. 

Daftar Isi
Kita sekarang ini berada di jamannya serba mudah dan cepat. Hingga tanpa kita sadari banyak momen terlewati karena dunia sudah sangat ramai dengan hiruk pikuk kehidupan modern sehingga menggerus ‘rasa’ saat melakukan sesuatu. 

Hubungan antar personal, jangankan teman dan sahabat, hubungan keluargapun terpengaruhi oleh hal ini. Gadget dan kegiatan digital yang sekarang sudah masuk ke rumah-rumah. Bukan hanya untuk orang berpunya, kalangan menengah ke bawahpun sudah merasakannya.

Pertemuaan dan berbicara cukup terwakilkan dengan pesan singkat whatsapp misalnya. Beda seperti dulu, ingin berbicara yang bertemu, menatap mata. Saling melihat wajah.

Urgensi Tindakan Kecil


Hingga pada kondisi tertentu, kita merasakan kehampaan dalam hubungan satu sama lain. Dimana rasanya ada sepi di saat ramai atau malah merasa ramai saat sendirian. Karena adanya media sosial. Ramai dipikiran masing-masing.

Jika sudah masuk ranah keluarga, kita perlu memperbaikinya. Agar kita tidak banyak kehilangan rasa. Jika tidak bisa memulai dari hal-hal yang besar, kita bisa memulainya dari hal yang kecil. 

Hal-hal kecil yang kita lakukan terhadap seseorang bisa berarti jika sering dan dipenuhi dengan rasa terima kasih. Betapa banyak dari kita yang meremehkan hal-hal kecil hingga di satu titik sudah merasa tidak ada lagi arti dari suatu hubungan.

Hubungan apapun, dibangun dan dirawat dari hal-hal kecil yang berarti.

II. Kekutan Dari Tindakan Kecil


Kenapa tindakan-tindakan kecil yang kita lakukan akan sangat berarti merubah sesuatu yang besar? Beberapa dampak tindakan-tindakan kecil yang kamu lakukan. Tindakan baik tentunya. 

Meningkatkan kedekatan emosional

Saat kamu membayangkan hal-hal indah dimasa lalu kamu, pastinya adalah hal-hal kecil yang bisa jadi tidak kamu sadari saat itu. Kamu merindukannya. Baik hubungan dengan keluarga, misalnya orang tua, kakak, adik atau teman kecil kamu.

Keadaan itu kamu ingat hingga sekarang. Dan menjadikan memori yang cukup tak terlupakan.

Membangun kepercayaan. 

Hal-hal baik walaupun sifatnya kecil jika itu berarti dan konsisten, akan membuat persepsi dalam diri seseorang tentang seseorang lainnya. Kepercayaan timbul dibangun oleh waktu dan juga hal-hal kecil yang berkesinambungan.

Mengurangi konflik. 

Keadaan yang menimbulkan konfilk pada suatu hubungan adalah suatu yang pasti. Mustahil, jika kamu mempunyai hubungan dan tidak pernah ada konfilk. Namun, hal yang bisa kita lakukan adalah mengurangi konfliknya atau dampaknya. Jika konflik tidak bisa dihindari. Maka sesudahnya, tindakan-tindakan kecil yang menyenangkan akan mengurangi konfilk menghasilkan keadaan tidak baik.

Contoh Tindakan Kecil Yang Signifikan

  • Memberikan penghargaan dengan ucapan terima kasih. Apapun itu. Terima kasih bisa didefinisikan bahwa tindakan kamu berarti. 
  • Memberikan senyuman. Hanya dengan senyum. Karena ada beberapa permasalahan terjadi pada suatu hubungan karena lupa senyum. Sehingga menimbulkan rasa prasangka.
  • Mendengarkan dengan tulus. Pekerjaan yang katanya ringan hanya mendengar tapi kalau dengan kata tulus adalah sebuah pekerjaan dengan empati. Kamu akan merasa dihargai jika didengarkan.

III. Tindakan Baik Keseharian Yang Mungkin Bisa Dilakukan

Tindakan Untuk Kasih Sayang Orang Terdekat

  • Memberikan pertolongan tanpa pamrih. Ketulusan akan menghasikan ketulusan. 
  • Menunjukan kepedulian. Beberapa orang yang peduli tapi tak jarang tidak dapat menunjukan kepeduliaannya. Hingga akhirnya menimbulkan salah paham. Jika kamu salah satunya, cobalah belajar menunjukan kepedulian untuk orang-orang terdekat.

Menyebar Kebaikan Di Lingkungan Sekitar

  • Berbagi kebaikan kepada tetangga. Peduli pada hal-hal yang terjadi. Sehingga bisa saling menjaga.
  • Partisipasi hal kecil sebisanya pada sebuah event di lingkungan sekitar.

Tindakan Kebaikan Di Dunia Maya

  • Sebarkan hal-hal yang baik saja. Berkata dan komentar baik. 
  • Cegah pembullyan melalui dunia maya. Tidak larut pada hal yang kita tidak kuasai atau tidak tahu secara detail
Buatlah hidup menjadi lebih simple dan mudah dengan melakukan hal-hal kecil yang berarti, berdampak pada kehidupan. Lupakan melakukan hal-hal besar pada saat tangan kamu masih sulit menggapainya. Bukan tidak boleh. Tapi hal-hal besar terjadi kalau kita terlatih melakukan hal-hal baik di masa sekarang. Hal-hal besar adalah kumpulan hal-hal kecil. Dan perlu diingat setiap kebaikan akan berbalas kebaikan juga. Melakukan tindakan ini memperkaya bahasa cinta kamu.